Tutorial Jaringan Komputer

Pada bahasan kali ini saya ingin sharing beberapa ebook yang menjelaskan dasar, pengertian, konsep, dan penerapan jaringan komputer dalam praktek kehidupan sehari-hari. Dimana jaringan komputer merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dalam komunikasi data di dunia ini, peranan jaringan komputer baik dalam segala bidang sangatlah penting untuk menunjang efisien dan efektivitas untuk mempermudah dalam melakukan suatu aktivitas dan pekerjaan.
Dalam satu lokasi yang terintegrasi dengan jaringan diperlukan seorang yang mengerti dalam mengelola sistem jaringan itu sendiri, yaitu administrator jaringan. Dan seorang yang dapat melakukan instalasi dan troubleshoot jika masalah terjadi dalam jaringan itu sendiri, yaitu network engineer.
Kedua peranan di atas diperlukan dalam suatu lingkup atau lokasi yang terintegrasi dalam jaringan, baik itu LAN, VPN, maupun Internet, untuk melakukan beberapa hal, seperti instalasi, keamanan, monitoring, perawatan, dan troubleshoot jika terjadi suatu masalah.
Dan sebelum terjun kedua bidang tersebut pahamilah terlebih dahulu konsep dan pengertian jaringan itu sendiri. Di bawah ini adalah beberapa ebook yang menjelaskan konsep dan bagaimana jaringan komputer itu, dimana ebook ini dibagi menjadi beberapa bagian, pada setiap bagian dijelaskan sub-sub bahasan yang terpenting dalam suatu jaringan komputer.
1. Pengenalan Jaringan Komputer.
Pada bagian ini dijelaskan tentang jaringan komputer mulai dari sejarah dan perkembangannya, manfaat hingga jenis –jenis jaringan komputer berdasarkan letak geografis, berdasarkan fungsi, berdasarkan distribusi data dan berdasarkan media transmisinya.
2. Topologi Jaringan Komputer.
Pada bagian ini dijelaskan tentang topologi jaringan komputer , jenis –jenis topologi, Metode akses di di jaringan, metode transmisi dan teknik transmisi yang di gunakan dalam jaringan komputer.
3. Perangkat-perangkat pada jaringan komputer.
Pada bagian ini dijelaskan tentang berbagai jenis perangkat yang biasa di gunakan untuk membangun jaringan komputer mulai dari kabel, perangkat penghubung setiap komputer atau device, dan sebagainya.
4. Protokol Jaringan Komputer.
Pada bagian ini dijelaskan tentang berbagai protokol yang sering digunakan dalam jaringan komputer. Protokol sangat di perlukan dalam berkomunikasi melalui jaringan komputer.
5. IP Address dan Subnetting.
Pada bagian ini dijelaskan tentang Pengalamatan IP yang sangat dibutuhkan untuk menyambungkan antara satu komputer dengan komputer yang lain agar bisa saling komunikasi satu sama lain.
6. Konsep Routing.
Pada bagian ini dijelaskan tentang konsep Routing dan jenisnya serta jenis-jenis protokol routing untuk komunikasi antar router di jaringan.
Sumber:
Modul Jaringan Komputer by Suryadi Syamsu
Share this article :
 

Post a Comment

 
Edited by : | Alleyboyz |
Copyright © 2014. VITAMIN Ce - All Rights Reserved
Hidup adalah Seni Gambar Tanpa satupun Penghapus - John W. Gardner
Proudly powered by Blogger